Minggu, 09 Desember 2012

Memotivasi Diri, Kemudian Orang Lain

My Style
Sabtu, 8 Desember 2012. Saya mengikuti kegiatan Signal Goes To School di SMPN 2 Sinjai Selatan, tepatnya di desa Palae. Signal adalah kependekan dari Sinjai English On Active Learning, sebuah organisasi nirlaba di Sinjai, dimana saya menjadi pengurus didalamnya. Pada kegiatan ini, saya dipercaya ketua Signal, Rifyal Muqarram, memberikan materi "Motivasi Belajar" dihadapan siswa SMPN 2 Sinjai Selatan.

Materi ini kedengarannya mudah. Saya sebagai pemateri hanya dituntut memotivasi siswa, bagaimana caranya meningkatkan prestasi belajar mereka. Namun akan menjadi sulit dan beban moralnya ada ketika saya dihadapkan pada pertanyaan, sudahkah saya memotivasi diri, sebelum saya  memotivasi para pelajar dihadapan saya ?

Saya teringat sebuah ungkapan Arab yang berbunyi," Lisanul Hal Afsahu Min Lisanul Maqal", bila di bahasa Indonesia-kan berarti, "perbuatan lebih fasih dari pada perkataan". Ini menjadi pegangan wajib saya ketika mendapat tawaran menjadi pemateri. Seorang pemateri harus menunjukkan keteladanan perilaku, sebelum memberikan ceramah/materi dihadapan orang lain. Karena Keteladanan perilaku lebih efektif dari sekedar ceramah. (*)  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan sarannya