Senin, 24 Juni 2013

Mulai Sejak Dini

Pada hari Minggu (23/6) 2013, saya di undang teman-teman Relawan TIK kab. Bone memberikan materi "Internet Sehat dan Aman", pada seminar TIK yang bertempat di gedung JILC kab. Bone. Ada puluhan peserta yang berasal dari pelajar dan guru yang mengikuti seminar ini. Pada sesi tanya jawab, salah satu peserta yang juga guru di salah satu SD di Bone bertanya,"Sudah bisakah anak-anak SD itu diajarkan komputer dan internet ? ".

Pertanyaan yang bagus. Jawaban saya sederhana dengan sedikit menceritakan pengalaman saya di dalam keluarga. Saya katakan kepada guru tersebut, bahwa anak sulung saya yang berusia lima tahun dan masih sekolah di TK sudah saya kenalkan dengan komputer.  Setiap satu jam sehari, saya mendampinginya bermain game pendidikan yang ada di sistem operasi Linux. Game yang biasa dimaini anak saya diantaranya, Tux Math dan Tux Typing.

"Mengajarkan teknologi seperti komputer dan internet itu kepada anak harus dimulai sejak dini. Bukan hanya mengajarkan caranya, tapi menerangkan pula efek positif dan negatif dari teknologi tersebut", Jelasku. Saya juga katakan kepada peserta tersebut bahwa saat mengajarkan anak kita komputer dan internet, guru atau orang tua wajib mendampingi. 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat. Selain pengaruh positif, tentu adapula pengaruh negatifnya. Menjadi tugas kita bersama mensosialisasikan pengaruh positif dari teknologi ini, dan menjadi kewajiban utama pula kita memerangi dan mencegah dampak negatifnya. (*)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan sarannya