Rabu, 07 Januari 2015

Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita

Setiap anggota Pramuka adalah kantor berita. Tagline ini diusung Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka sebagai upaya menyukseskan revitalisasi gerakan pramuka. Revitalisasi itu sendiri adalah pemberdayaan Gerakan Pramuka yang sudah ada yang dilakukan secara sistematis, terencana serta berkelanjutan guna memperkokoh eksistensi organisasi dan lebih meningkatkan peran, fungsi serta pelaksanaan tugas pokok Gerakan Pramuka.

Berbagai upaya telah dilakukan Kwarnas hingga jajarannya ditingkat bawah guna merealisasikan semangat yang ada dalam tagline tersebut. Seperti misalnya pelatihan jurnalistik dan media sosial yang diadakan di Cibubur Jakarta pada akhir November 2014 lalu. Pada pelatihan tersebut seluruh peserta diminta melakukan 3 (tiga) hal dan wajib disosialisasikan kepada anggota Pramuka lainnya. Tiga hal tersebut adalah membumikan Pramuka, mempromosikan Indonesia, dan membela Indonesia.

Kwarcab Sinjai, Sulsel, memanfaatkan media sosial untuk bertukar informasi

Untuk membumikan Pramuka maka setiap anggota Pramuka dituntut menyebarluaskan berita atau informasi yang positif terkait kegiatan kepramukaan. Dengan begitu, masyarakat akan semakin paham dan tahu peran serta fungsi Gerakan Pramuka. Juga yang tidak kalah pentingnya menjadi tugas anggota Pramuka adalah mencitrakan hal-hal yang positif tentang negara kita serta turut aktif pada setiap kegiatan pembangunan.

Memang bukan tugas yang mudah. Namun sebagai anggota Pramuka yang telah digembleng sejak tingkat Siaga atau Penggalang, maka tantangan itu akan mudah dilewati. Hanya saja memang, untuk bisa melaluinya, anggota Pramuka mesti meningkatkan kapasitas diri. Terutama kapasitas yang relevan dengan perkembangan zaman seperti pemanfataan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Membumikan dan mengukuhkan eksistensi Gerakan Pramuka tidak akan maksimal manakala anggota Pramuka tidak menguasai TIK. Bagaimana bisa mempromosikan dan mencitrakan Pramuka melalui website dan media sosial misalnya apabila tidak tahu menggunakannya. Itu hanya salahsatu contoh. Olehnya itu, untuk menjadi kantor berita, menjadi tugas setiap anggota Pramuka melatih dan meningkatkan kualitas serta kapasitas dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan sarannya