Senin, 09 Juni 2014

Bunaken, Taman Laut Yang Indah

Taman laut Bunaken Sulawesi Utara. Anda pernah kesana ?. Apabila belum, maka pada tulisan kali ini saya coba berbagi pengalaman menarik saat saya dan teman-teman pengurus Relawan TIK Indonesia berkunjung ke pulau yang indah tersebut pada pekan pertama Juni 2014.

Pulau Bunaken dimana terdapat taman laut yang indah itu terletak di Teluk Manado. Bunaken adalah pulau yang memiliki luas kira-kira Delapan Kilometer persegi. Taman laut Bunaken adalah bagian dari Taman Nasional Bunaken. Menurut sumber dari wikipedia, taman laut ini memiliki biodiversitas kelautan salah satu yang tertinggi di dunia. 

Secara keseluruhan taman laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektare dengan lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua (Manarauw), Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen. 

Alangkah ruginya anda yang punya hobi menyelam namun tidak mencoba menyelami pesona bawah laut pulau Bunaken. Saya saja dengan kemampuan berenang yang pas-pas-an dibuat penasaran dengan cerita pemilik kapal katamaran yang kami sewa. 

Menurut pemilik kapal, belum lengkap rasanya ke Manado bila tidak melihat keindahan terumbu karang dan aneka jenis ikan hias taman laut Bunaken. Tertantang, saya pun ke tempat penyewaan peralatan diving dan snorkling sesaat setelah sampai di dermaga pulau Bunaken.



Ada belasan tempat penyewaan alat menyelam dan snorkling di pulau Bunaken. Untuk kelengkapan snorkling seperti fins (sepatu khusus), snorkel (pipa untuk bernafas) hingga masker, per paketnya disewakan seharga 100 - 150 ribu. 

Namun harga miring bisa kita dapatkan apabila kita nego bareng-bareng bersama anggota rombongan yang juga punya keinginan untuk menyelam. Seperti yang saya lakukan bersama teman-teman. 

Eits.... jangan lupa dan ini bagian yang sangat penting. Anda jangan lupa menyewa jasa foto bawah air yang juga tersedia di tempat penyewaan alat snorkling. Itu bila anda tidak memiliki kamera waterproof. Sayang dong, apabila anda menyelam dan bermain-main dengan ratusan bahkan ribuan jenis ikan hias tidak diabadikan. 



Puas menikmati taman lautnya yang indah dan memanjakan mata, saya bersama teman-teman tidak lupa mengabadikan pemandangan alam di pulau Bunaken. Di tempat ini banyak landscape yang indah bisa dijadikan titik pemotretan. Dan yang terakhir adalah, saya melakukan tawar menawar dengan pedagang souvenir serta pakaian ber-sablon Bunaken di beberapa kios di dekat dermaga. Itu untuk oleh-oleh keluarga dan teman-teman di kampung.(*)

3 komentar:

Terima kasih atas kunjungan dan sarannya