Selasa, 27 Mei 2014

Yang tersisa dari IT CAMP RTIK Sinjai (2)

* Menyusuri Tebing Curam Tassoso

Desa Gunung Perak. Adalah salah satu desa di kecamatan Sinjai Barat, kabupaten Sinjai yang memiliki potensi alam yang cukup beragam. Potensi tersebut diantaranya perkebunan, pertanian maupun wisata alam. Hawanya yang dingin membuat tanaman perkebunan seperti sayur mayur tumbuh subur di wilayah ini.

"Akan banyak bahan tulisan" pikirku, sesaat tiba disalah satu rumah penduduk yang dijadikan base camp sementara panitia pelaksana. Mungkin inilah juga menjadi alasan mengapa teman-teman panitia IT Camp RTIK Sinjai menempatkan lokasi pelaksanaan kegiatan ini di Tassoso desa Gunung Perak.

"Seluruh peserta dan panitia akan menginap di mess kebun induk perkebunan yang ada di bawah sana", kata salah satu panitia. Saya pun bersama Fyan dan ketua RTIK Sinjai, Lutfi Hidayat dan panitia lain yang datang terlambat langsung menuju lokasi yang dimaksud. Tentu saja dipandu salah seorang panitia.

Salah satu medan yang dilewati ke lokasi IT CAMP
Awalnya saya mengira lokasinya mudah dijangkau. Ternyata tidak. Harus melewati tebing yang curam dengan kondisi jalan yang becek sehabis diguyur hujan. Turun ke lokasi melewati tebing yang dikelilingi pepohonan mungkin agak mudah. Hanya butuh fisik yang kuat. Itu bila dilakukan siang hari.

Namun kebetulan kami menuruni tebing saat hari mulai gelap. Selain fisik, juga dibutuhkan konsentrasi tinggi agak tidak terperosok. Saya dan teman-teman lain terpaksa harus meraba-raba jalur yang kami lewati. Ini karena lebar jalan di jalur ini tidak sampai semeter. Beruntung, kami terbantu "senter android" sehingga jalur bisa terlihat lebih jelas.

Alhamdulillah.... kami akhirnya sampai di gedung kebun induk perkebunan setelah melewati medan yang curam dan anak sungai yang airnya lumayan deras malam itu. Di gedung kebun induk sudah menunggu puluhan relawan TIK dari 3 (tiga) SMA/SMK di Sinjai.

Sebelum mengambil selimut dan melawan dinginnya malam, saya dan panitia lainnya terlebih dahulu menyapa mereka dan memberikan arahan mengenai kegiatan IT CAMP yang akan dilaksanakan esok harinya.   
Brain storming dengan para peserta IT CAMP

Seluruh peserta IT CAMP di kebun induk perkebunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dan sarannya